top of page

5 Maskapai Ramah Hewan Peliharaan

Updated: Jan 25, 2023


Siapa sih yang gak mau liburan bareng anabul tapi terkendala maskapai yang tidak ramah anabul. Eitss tahan dulu kesedihanmu sob karena 10 maskapai ini termasuk maskapai nasional dan internasional bisa bantu keinginan kamu untuk bawa anabul jalan jalan loh. Yuk simak infonya sob!


1. Turkish Airlines

Turkish Airlines, berdasarkan website maskapai tersebut, menjadi maskapai paling ramah dengan hewan perliharaan di dunia., seperti anjing, dengan membayar sejumlah uang mulai dari 8 dolar Amerika Serikat atau 125 ribu rupiah tambahan. Penumpang bisayang membawa 8 hewan peliharaan dan ini harus membawa sertifikat kesehatan dari dokter hewan sebelum terbang bersama Turkish Airlines. Disebutkan bahwa hewan peliharaan yang dibawa ke kabin harus disimpan di dalam kandang yang bisa masuk ke kolong di bawah kursi penumpang.


Hewan yang berat tubuh beserta kandangnya tidak mencapai 8 kilogram diperbolehkan untuk dibawa ke kabin pesawat. Sementara hewan dengan massa tubuh dan kandang lebih dari 8 kg harus dimasukkan ke bagasi. Harga yang dibayarkan tergantung dari berat hewan dan kandangnya. Kurang dari 8 kg membayar 150 TRY atau setara Rp 125.000; kurang dari 15 kg membayar 20 TRY, 1622 kg sebesar 30 TRY; 23-28 kg sebesar 375 TRY dan lebih dari 28 kg membayar 450 TRY


2. All Nippon Airways

Adapun, posisi kedua adalah All Nippon Airways (ANA) yang menawarkan harga mulai dari 50 dolar hingga 400 dolar (782 hingga 6,2 juta ribu rupiah).


3. Spirit Airlines

Peringat ketiga adalah Spirit Airlines, maskapai berbiaya hemat yang memberikan tarif flat senilai 125 dolar (1,9 juta). Maksimal dua hewan per penumpang.


4. Garuda Indonesia

Membawa hewan peliharaan diperbolehkan dalam sebuah penerbangan domestik adalah Garuda Indonesia. Hewan tersebut akan diterima sebagai bagasi terdaftar di penerbangan dengan durasi tidak lebih dari dua jam, serta tidak dalam rute pesawat ATR72-600. Hewan tidak boleh ikut dalam penerbangan yang memerlukan transit atau pergantian pesawat.


Hewan yang boleh dibawa hanya hewan peliharaan, bukan hewan langka atau terancam punah. Hewan juga harus dimasukkan ke dalam peti kayu atau kandang yang dibawa oleh penumpang. Maksimal berat dari hewan yang dibawa adalah 32 kg. Jika lebih, harus diangkut sebagai kargo. Penumpang juga perlu menunjukkan sertifikat kesehatan dari hewan peliharaan tersebut.


5. Air Asia

Hewan yang bisa diangkut dengan pesawat Lion Air harus ditempatkan di dalam kandang dan dalam kondisi sehat serta bersih. Hewan disertai dengan surat yang menyatakan bahwa hewan itu bebas dari penyakit dan bukan hewan dilindungi. Pihak maskapai akan menghitung biaya membawa hewan, sebagai kelebihan bagasi minimal 5 Kg.


Untuk hewan dengan berat di bawah 5 Kg, misalnya hewan dan kandang seberat 3 Kg, tetap dihitung sesuai berat minimal, yakni 5 Kg. Namun, jika beratnya lebih dari 5 Kg, maka biaya yang ditanggung penumpang berdasarkan berat yang sesungguhnya. Biaya dihitung per kilogram.


Pentingnya Memesan Hewan Peliharaan Kamu di Maskapai Ramah Hewan Peliharaan

Dua alasan utama mengapa kamu perlu memesan dengan maskapai ramah hewan peliharaan muncul dalam pikiran.


Pertama adalah keamanan dan pengalaman keseluruhan hewan peliharaan kamu. Selama penerbangan, kamu ingin hewan peliharaan kamu berada di dekat kamu untuk memeriksa kesejahteraan mereka. Jika bepergian dalam penundaan, kamu ingin hewan peliharaan kamu berada di lingkungan yang berventilasi baik dengan orang-orang yang menanganinya dengan hati-hati dan hormat.


Kedua, setelah kamu yakin bahwa hewan peliharaan kamu diperlakukan dengan benar, kamu bisa mendapatkan ketenangan pikiran yang tak ternilai dan menikmati penerbangan dengan kekhawatiran sesedikit mungkin.


Kesimpulan

Tidak semua maskapai penerbangan memiliki standar dan kebijakan terbang yang sama untuk hewan peliharaan, jadi kamu harus mencari yang akan memberi kamu pengalaman luar biasa dan memastikan bahwa hewan peliharaan kamu dirawat dengan baik. Untuk ras yang lebih besar, periksa maskapai ramah hewan peliharaan untuk anjing besar atau ras kucing sehingga kamu dapat memiliki penerbangan yang bebas repot.


79 views
bottom of page